3 Ide Usaha Sampingan Terbaik untuk Karyawan Bermodal Kecil

3 Ide Usaha Sampingan Terbaik untuk Karyawan Bermodal Kecil 


1. Jualan online di website / situs milik sendiri

Jenis ini adalah tingkat lanjut dari model jenis bisnis online yang pertama. Jika bisnis kamu berkembang pesat, dan ingin lebih mengembangkan produk dan branding produk kamu maka kamu membutuhkan situs atau website.
Yaitu Toko online pribadi khusus brand produk kamu
Tingkatan menjual dalam bisnis online adalah ;
Menjual melalui media sosial (tanpa modal) => menjual melalui marketplace (modal kecil)=> menjual melalui website pribadi (modal teknik membuat website).
Itu tahapanya, dari tidak memiliki modal sampai memiliki toko online sendiri. Membuat web / situs sendiri membuat brand produk anda menjadi baik.
Keuntunganya bisnis online dengan website sendiri adalah ;
Bisnis penjualan online Anda akan semakin profesional meningkatkan trush.
Mengangkat brand produk sendiri.
Jika kamu kesulitan membangun toko online yang benar-benar profesional  shopify.co.id, webraktis.com, dan juga sirclo.com memberikan solusi dalam pembuatan toko online.

2. Menjadi penulis online lepas

Istilah trennya Freelance writer atau penulis lepas
Ini adalah pilihan bisnis online yang populer. Puluhan juta situs ada di internet, mereka semuanya pasti membutuhkan tulisan/artikel untuk mengisi website agar tetap terupdate dan mudah ditemukan oleh search engine.
Tidak semua pemilik website memiliki keahlian dalam menulis artikel, atau tidak semua pemilik website memiliki waktu cukup untuk menulis di website tersebut karena keterbatasan waktu, ini adalah peluang para penulis online lepas.
Untuk penulis pemula dan belum memiliki reputasi, mereka dibayar dikisaran 15 ribu per 500 kata Bahasa Indonesia atau $1,5 untuk Bahasa Inggris.
Penulis dengan reputasi yang sudah tinggi bisa menaruh tarif sebesar $75-$100 per artikel (500-1000 kata).
Anda berminat ?
Silahkan mendaftar di project.co.id jika anda ingin menjadi freelance (Indonesia)
atau sribulancer.com, upwork.com (internasional), dan textbroker.com (internasional).
Atau,
Membuka lapak sendiri di blog/ website dan buat perusahaan kepenulisan Anda sendiri…
Berkembangnya dunia online membuka peluang usaha baru dibidang jasa kepenulisan, seperti jasa penulis artikel, Jasa penulis konten marketing dan jasa penulis copywriting.
Caranya;
Membuat blog khusus untuk menawarkan jasa penulis online kamu,
Buat contoh artikel, atau konten sebagai landasan penggambaran kualitas tulisan kamu,
Buat sebuah penawaran yang menarik, dari harga, kualitas dan kemudahan lainya,
Tawarkan kepada website atau blog-blog yang sekiranya membutuhkan jasa seorang penulis online ( promosikan ),
Dan terakhir, berikan penjelasan kepada  pembeli tentang waktu penyelesaian, ingat, janjikan waktu yang logis untuk sebuah artikel, karena kamu adalah seorang karyawan yang sibuk, yang mungkin hanya bisa meluangkan 4 jam setelah bekerja untuk menyelesaikan pesanan artikel.
Saya pribadi pernah diminta untuk membuat sebuah konten marketing dan dibayar Rp500 ribu rupiah hanya untuk sebuah tulisan dengan panjang kata 2.000 an kata.

3. Menjual produk atau jasa secara online melalui media sosial

Kamu bisa jual beli melalui akun media sosial
Banyak sekali yang sukses dalam bisnis ini, modal tidak besar karena tidak membutuhkan real toko yang harus kita sewa puluhan juta, bahkan jika menggunakan sistem dropship tidak membutuhkan modal produk.  Cukup pilih produk berkualitas, dan belajar promosi online melalui media sosial.

Komentar